Panduan Pilih Asuransi Mobil Terbaik yang Bagus

Asuransi mobil ialah tipe asuransi yang membuat perlindungan mobil individu kamu, saat terjadi satu resiko yang bikin rugi. Misalkan ada kerusakan kronis karena Kecelakaan atau musibah, pembobolan dan perampokan, sampai lecet . Maka, tahu darimanakah sich produk asuransi mobil yang baik itu seperti apakah? Karenanya, silahkan kita kupas perlahan-lahan berkenaan asuransi mobil di Indonesia.

Tipe Asuransi Mobil di Indonesia Ternyata Ada Banyak

Sebelum melihat tips asuransi mobil, alangkah lebih bagus mengetahui jenisnya lebih dulu yang populer di Indoensia sampai sekarang.

Saat sebelum kamu beli asuransi mobil, pastikanlah kamu memahami dahulu apa beberapa jenis asuransi mobil. Ada dua tipe asuransi mobil yang umum, yakni keseluruhan loss only atau TLO dan all risk.

Tetapi, bergantung perusahaan asuransi, juga bisa ada tipe faedah yang dapat kamu peroleh. Besaran premi asuransi mobil akan berlainan bergantung faedah yang kamu terima. Tetapi, pada umumnya, premi asuransi mobil dihitung dari range Rp 50 Ribu /bulan.

Berikut beberapa jenis asuransi mobil yang berada di Indonesia.

1. Asuransi Mobil Keseluruhan Loss Only (TLO)

Tipe asuransi mobil yang ini cuman memberi faedah bila ada rugi sebesar lebih dari 75% harga mobil . Maka, misalkan harga mobil kamu ialah Rp200 Juta. Karena itu claim cuman dapat kamu kerjakan bila rugi capai Rp 150 Juta. Premi asuransi mobil yang ini cukup dapat dijangkau. Tetapi, tentu saja kamu tidak dapat ajukan pergantian rugi jika cuman ada baretan saja.

2. Asuransi Mobil All Risk

Sama dengan namanya, all risk memikul semua resiko. Bahkan juga baretan kecil akan dijamin. Tetapi, karena pelindungannya lumayan luas, automatis preminya juga lebih mahal dibanding keseluruhan loss only. Bahkan juga dapat capai 3x lipat dari TLO lho!

Tipe Asuransi Mobil Kombinasi Yang lain

Selainnya dibanding TLO dan all risk, ada pula beberapa variasi tipe asuransi mobil yang lain. Berikut contoh variasinya yang bisa sahabat loker Blitar tahu.

1. Kombinasi

Di mana kamu bisa pertanggungan all risk sepanjang tahun awal pembelian mobil, selanjutnya bekasnya berbentuk TLO. Umumnya asuransi seperti ini berlaku saat kamu pertama beli angsuran mobil.

Pembalap, di mana kamu dapat menambahkan faedah tertentu yang lebih detil. Misalkan kamu menambahkan premi dan faedah untuk resiko banjir, kekacauan, kecelakaan diri, kekacauan, atau gempa bumi.

2. Collision

Di mana asuransi memikul ongkos ganti kerugian atas tubrukan yang sopir akibatkan.

Liability, yang sama tetapi berbeda dengan collision. Bedanya ada di faedah tambahan berbentuk pergantian ongkos klinis bila pemegang polis cidera karena tubrukan.

Kecelakaan diri, di mana asuransi mobil bukan hanya mem-backup mobil tetapi juga mengkover resiko kesehatan pemegang polisnya.

Mendingan Asuransi Mobil All Risk atau TLO?

1. Bergantung.

Tiap orang memiliki keperluan dan kemampuan semasing. Karenanya, pastikanlah kamu sudah mengetahui dahulu ketidaksamaan di antara ke-2 produk ini. Keperluan kamu. Pikirkan apa kota kamu padat warga? Lebih pas all risk. Atau mobil kamu telah tua? Lebih pas TLO karena all risk cuman dapat mengkover sampai umur mobil 12 tahun.

2. Bujet.

Bayar premi itu terus-terusan tiap tahun, jadi cocokan dengan bujet kamu. Bila tidak punyai banyak, ya kamu dapat minimal punyai TLO dahulu. Tetapi bila oke, kamu bisa beli all risk.

Panduan Pilih Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Panduan asuransi mobil terbaik di Indonesia

Menyaksikan jumlahnya factor, seperti tipe asuransi mobil, premi asuransi, dan faedah yang bermacam, kamu perlu coba 5 panduan ini saat sebelum beli asuransi mobil.

1. Tetapkan tipe asuransi mobil yang kamu ingin

Tipe asuransi mobil yang kamu tentukan harus sesuai keadaan dan keperluan kamu. Berikut banyak hal yang penting kamu pikirkan saat pilih tipe asuransi mobil:

  1. Berapakah umur mobil kamu? Bila tua, lebih bagus TLO. Jika baru, tentukan all risk.
  2. Berapa padat jalanan di kota kamu berkendaraan? Bila padat, tentukan all risk.
  3. Berapa kronis tingkat kriminalitas di kota kamu? Bila kronis, tentukan TLO.
  4. Berapakah uang banyak yang dapat kamu pinggirkan untuk bayar premi? Bila sedikit, semakin aman minimal ada TLO.

2. Tidak boleh cuman cari dari 1 perusahaan saja

Apabila sudah tahu tipe asuransinya, all risk atau TLO, kamu mulai bisa cari perusahaan asuransi yang sediakan tipe asuransi mobil itu. Tetapi, tidak boleh cuman cari 1-2 perusahaan. Ada beberapa lho perusahaan asuransi di luaran sana yang sediakan produk asuransi sama. Bandingkan faedah yang kamu dapat memperoleh, dan harga preminya. Selanjutnya tentukan yang menurut kamu paling oke.

3. Tentukan asuransi dari perusahaan yang dapat dipercaya

Produk asuransi yang bagus harus datang dari perusahaan asuransi yang baik. Misalnya Super You by Sequis Online yang telah tercatat dan dipantau oleh Kewenangan Jasa Keuangan dan kenyamanan berbisnis dengan Sertifikat ISO 27001. Dengan kisah yang terang, perusahaan akan memiliki servis yang lebih bagus. Misalkan, claim lebih gampang, dan relasi bengkel paling dipercaya.

4. Lihat relasi bengkelnya

Layaknya seperti asuransi kesehatan dengan Rumah Sakit Relasi, asuransi mobil merajut kerja sama dengan bengkel relasi. Karenanya, saat sebelum beli asuransi, pastikanlah kamu tahu bengkel relasinya ada di mana. Apa bengkel itu sah dari merek mobil? Atau tidak sah tetapi dapat dipercaya? Adakah bengkel relasi disekitaran rumah kamu atau diperjalanan dari rumah ke kantor dan arah kebalikannya?

5. Pastikanlah kamu sudah mengetahui persyaratan berasuransi mobil

Saat mendaftarkan asuransi mobil, ada syarat-syarat yang penting kamu isi. Secara umum, document yang penting kamu persiapkan diantaranya:

  1. Formulir registrasi dari perusahaan asuransi yang telah berisi;
  2. Foto copy STNK dan SIM;
  3. Foto copy identitas, berbentuk KTP atau KITAS;
  4. Surat NPWP (bila ada).

Yakinkan semua data telah berisi selengkapnya, betul, dan tepat. Bila tidak, karena itu kamu akan kesusahan dalam tahapan pengajuan claim.

Itulah beberapa panduan dalam pilih asuransi mobil terbaik yang sebaiknya kamu tahu.

Posting Komentar