Put Your License Code Here!

Blitar Sentra Koi, Hal Menjanjikan untuk Peluang Usaha

Blitar sentra koi menjadi peluang usaha yang menjanjikan sehingga meningkatkan …

BLANTERLANDINGv101
7087436174855987208

Blitar Sentra Koi, Hal Menjanjikan untuk Peluang Usaha

Kamis, 05 November 2020

Pada Agustus kemarin, walikota Blitar membuka Blitar Koi Show Walikota Cup 2020. Hal ini dapat diartikan Blitar sebagai sentra koi yang paling menjanjikan. Artinya, berbagai pelaku usaha dapat memperoleh keuntungan dari penjualan ikan tersebut, baik dari konsumen lokal atau luar daerah. Tidak hanya menggiatkan peternak atau penghobi, tetapi juga mendorong masyarakat untuk terlibat di bidang ini.

Blitar Sentra Koi untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Blitar menjadi sentra koi di Indonesia bersama kabupaten lainnya, yakni Kediri dan Tulungagung. Berdasarkan data Kepala Badan Pertanian dan Perikanan Blitar pada tahun 2019, setidaknya terdapat 2.000 petani koi. Selain itu, data ini mengungkapkan total penjualan mencapai puluhan miliar. Bahkan, beberapa kota besar juga membeli koi dari Kabupaten Blitar, seperti Denpasar dan Bandung.

Sejarah Koi

Koi merupakan salah satu ikan hias yang paling populer. Ikan ini berasal dari Asia Timur, Eropa Timur, dan China. Dalam bahasa Jepang, koi terdengar layaknya kata yang berarti cinta dan kasih sayang. Pada awalnya, koi dibudidayakan pada abad 19, yakni pada tahun 1820-an. Kemudian, masyarakat meletakkan koi di kolam-kolam yang ada di pekarangan sehingga menjadi ikan yang ornamental.

Sedangkan, orang yang mempelopori budidaya koi adalah Bunka dan Bunei Era. Lantas, mulai dilakukan persilangan untuk menemukan koi hibrida yang menarik. Koi terus berkembang pada era Meiji (1830-1843), era Taisho (1912-1926), dan sampai saat ini di seluruh dunia.

Mempunyai Berbagai Jenis

Pada awalnya, koi merupakan ikan konsumsi. Kemudian, ikan ini dinikmati sebagai ikan hias, seperti Blitar sentra koi, sebab memiliki morfologi, corak, dan warna yang menarik. Di masa lalu, koi hanya memiliki jenis-jenis tertentu, tetapi kini Anda dapat menjumpai berbagai jenis koi hibrida. Tujuannya untuk memenuhi selera pasar.

Lantas, jenis-jenis koi apa yang ada di pasar modern? Nah, jika mengunjungi Kabupaten Blitar, Anda dapat menemukan berbagai jenis koi  seperti koi tancho, koi shiro utsuri, koi ki utsuri, koi kumpay slayer, koi chagoi, koi ochiba shigure, koi soragoi, koi kumonryu, dan berbagai jenis koi lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Keuntungan Usaha Ikan Koi

Mungkin, Anda berpikir, apa yang membuat Blitar menjadi sentra koi di Indonesia? Apakah memelihara koi benar-benar memberi keuntungan yang menjanjikan? Jika Anda penasaran, maka jawabannya adalah iya. Sebagai gambaran, satu indukan koi dapat menghasilkan ribuan anak. Dari sana, Anda dapat merawatnya untuk memperoleh keuntungan fantastis.

Di sisi lain, koi juga memiliki harga yang stabil, termasuk di Blitar sentra koi, yakni berkisar Rp20.000 sampai Rp250.000 per ekor, tergantung ukuran dan jenis. Namun, jangan salah, beberapa spesies juga dibanderol dengan harga selangit, bahkan mencapai Rp7 juta per ekor. Sedangkan, mengenai perawatan tergolong mudah, termasuk terkait biaya pelet yang murah.

Ayo, Mulai Usaha Ikan Koi Sekarang

Nah, setelah membaca bagian-bagian sebelumnya, cobalah mulai berbisnis koi saat ini. Anda dapat memelihara koi di kolam-kolam sederhana atau sekadar menjadi reseller peternak koi yang ada di Kabupaten Blitar. Untuk informasi lebih lanjut, cobalah mengunjungi filosofish.id.


Blitar Sentra Koi, Hal Menjanjikan untuk Peluang Usaha
Patung Koi Blitar

Demikian, informasi seputar koi di kabupaten Blitar. Jika Anda ingin bergelut di bidang peternakan koi, jangan lupa mencari relasi, seperti mengunjungi peternak-peternak koi yang ada. Pasalnya, koi mempunyai pasar yang menjanjikan. Akhirnya, Blitar sentra koi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang